English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
FellowEquality.com

Senin, 24 Mei 2010

0 Tetap Aman di Facebook



Tahu kah kamu bahwa Facebook sebenarnya menyimpan segudang permasalahan terkait dengan keamanan?
Tahu kah kamu kalo setiap kamu ngejalanin aplikasi FB (pet society, biggest brain, mafia war, quiz, dll) bisa aja aplikasi itu menyimpan profile kamu untuk disebarkan ke pihak lain (mis: advertising company)?
Tahukah kamu bahwa seorang pelajar laki-laki di US ditangkap karena menyamar sebagai perempuan di FB dan meminta foto2 bugil teman2nya untuk mempermalukan mereka?
Tahukah kamu seorang karyawati di Swiss dipecat gara2 bosnya tahu dia sibuk update status di FB padahal dia sedang ijin nggak masuk kantor dengan alasan sakit?
Tahukah kamu bahwa seorang sipir di UK diskors karena sebagian teman di FBnya adalah napi di penjara tempat dia bertugas?
Tahukah kamu bahwa polisi US menggunakan FB untuk melacak vandalis yang kebanyakan adalah pelajar SMU?
Tahukah kamu di FB ada aplikasi Truescoop yang terhubung dengan layanan informasi kriminal dari website2 pengadilan US yang bisa digunakan untuk melacak jejak kriminal seseorang?
Tahukah kamu banyak ‘teen predator’ di US yang memanfaatkan fasilitas pencarian FB untuk mencari remaja yang akan dijadikan mangsanya?


Itu semua adalah contoh2 di luar negeri. Kalo di dalam negeri, bisa aja seorang penipu bikin page yang memelas untuk meminta sumbangan, seorang penjahat mengamati foto2 yang kamu upload untuk ‘menggambar’ profil kamu dan lingkungan sekitar kamu sebelum beraksi, ato seorang germo memanfaatkan fasilitas pencarian FB untuk mencari gadis imut yang akan dia jual. Hi… ngeri ya!

Untuk itulah perlu diperlukan cara bermain aman agar facebook tetap menyenangkan dan menghibur. Berikut ini adalah sedikit tip-tip yang bisa dimanfaatkan:

1. Jangan setujui undangan orang yang tidak kamu kenal
Kalo kamu memperoleh ‘friend reqeust’ dari orang yang tidak kamu kenal, sebaiknya jangan di-”approve”. Kalo kamu tetep pengin menyetujui untuk memperluas network kamu, sebaiknya kamu investigate dulu orang itu. Ini bisa dilakukan dengan melihat siapa teman2 dia, sokur2 profil dia terbuka untuk umum. Kamu juga bisa minta bantuan mbah Gugel untuk mencari informasi pendukung di luar FB tentang orang itu.

2. Hati-hati menulis status kamu

Bagi yang hobi update status, jangan sembarangan nulis status. Jangan nulis status yang bersifat SARA dan menyinggung perasaan seseorang atau suatu kelompok. Jangan sampai kamu nulis status kaya’ gini: “Lagi sebel ama bos, jadi orang jutek banget sih”. Walau boss kamu belum punya FB, biasanya boss punya banyak mata-mata loh. Apalagi kalo akhirnya dia punya akun FB dan minta di “Add as a friend”. Apa nggak serba salah tuh?

3. Jangan sembarangan menulis di wall

Jangan sembarangan menulis di dinding (wall) orang lain. Jangan menulis di dinding orang yang bernada ancaman, ejekan, dan mempermalukan orang lain. FB mempunyai policy untuk nge-blok akun kamu kalo terbukti melakukan hal ini. Juga Pak Polisi bisa menggunakannya sebagai bukti untuk menangkap kamu. Kalo kamu yang menerima ancaman, ejekan, dan permaluan tsb, jangan buru-buru dihapus. Segera hubungi FB dan polisi untuk ditindaklanjuti.

4. Berpikir dua kali sebelum mengupload foto

Ini harus diperhatikan bagi yang punya hobi narsis. Jangan sembarangan upload foto kamu dan temen-temen kamu sebelum meminta persetujuan mereka. Misal: kamu upload foto kamu+temen kamu pada waktu SMA yang suka ngintip kamar mandi siswa cewek :-) Bagi kamu mungkin lucu mengingat masa lalu, tapi bagi temen kamu bisa dianggap mengungkap aib orang lain.
Bagi yang kaya dan punya barang2 mewah (mobil, rumah, gadget, perhiasan, dll) jangan suka narsis dengan upload foto kamu dengan barang2 mewah tsb. Kamu adalah target empuk bagi penjahat. Penjahat bisa memakai foto2 kamu tersebut untuk ‘menggambar’ kamu dan lingkungan kamu.

5. Jangan umbar data pribadi kamu

Ini biasanya dilakukan oleh kamu-kamu yang masih jomblo dan lagi seneng-senengnya nyari gebetan. Sebaiknya hindari memajang alamat email, no telepon, no HP, dan tanggal ulang tahun kamu. Ini bisa dimanfaatkan orang yang tidak dikenal untuk melakukan ‘abuse’ kepada kamu baik melalui telepon, email, dan HP. Ini bisa juga dimanfaatkan penipu dengan berpura-pura dari penerbit kartu kredit untuk mendapatkan informasi kartu kredit kamu. Jadi, sebaiknya data pribadi baru kamu kasih ke kenalan kamu kalo kamu udah kenal banget.

6. Jangan klik link yang tidak jelas

Sering dapet undangan untuk bergabung dengan suatu komunitas atau mencoba aplikasi tertentu? Jangan langsung diterima ya. Selidiki halaman tersebut bertujuan untuk apa, siapa anggotanya, ada yang keberatan dengan halaman tersebut nggak, dsb. Jangan sampai gabung komunitas yang nggak jelas dan kontroversial.
Untuk aplikasi sama aja, selidiki dulu aplikasi berguna ato nggak, data pribadi kamu aman nggak (disebarkan ke pihak lain nggak), aplikasi itu berisi kode jahat ato nggak, dsb. Jangan sampai bilangnya aplikasi OK ternyata nginstall worm di komputer kamu.

7. Amankan username dan password kamu
Ini terutama yang suka akses FB dari tempat umum seperti kantor dan warnet. Jangan terima tawaran dari browser untuk menyimpan password. Juga jangan lupa untuk selalu logout dari FB begitu selesai. Kamu nggak ingin kan ada orang lain yang login di PC tersebut terus dengan mudahnya bisa pake akun FB kamu? Begitu juga yang sering akses FB dari handphone. Jangan simpan user dan password FB di HP. Kalo kamu kecopetan, selain kehilangan HP kemungkinan juga akun FB kamu bisa disalahgunakan oleh pencopet tsb.

8. Atur setting facebook kamu

Jangan hanya update status dan main game mulu donk. Sekali-kali lihat setting facebook dengan klik link “Settings” atau “Pengaturan” terutama menu “Pengaturan Privasi”. Aturlah sesuai dengan kebutuhan keamanan yang kamu inginkan. Disarankan untuk bersifat paranoid terlebih dahulu, baru kemudian kamu ubah item-item yang ingin kamu share ke orang lain. Pada pengaturan privasi, pastikan semua diset ke “Hanya Teman” terlebih dahulu baru selanjutnya kamu ubah item2 yang ingin kamu share ke semua orang.

0 komentar:

Posting Komentar

FellowEquality.com